MTQ ke XV Tingkat Kecamatan Depati Tujuh Berjalan Sukses

Selasa, 11 Juni 2024 | 21:50:11 WIB
Foto acara penutupan MTQ ke XV tingkat Kecamatan Depati Tujuh

KERINCI (Populisnews) - Desa Simpang Belui mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pada oenyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XV tingkat Kecamatan Depati Tujuh tahun 2024, yang dipusatkan masjid Al Falah Simpang Belui.

Kegiatan syiar Islami yang menjadi agenda tahunan ini berjalan lancar dan sukses yang dilaksanakan dari tanggal 7 - 10 Juni  202. Kegiatan dimulai dari acara pawai para kafilah pada sore Jum'at tanggal 7 Juni 2024 dengan rute Simpang 3 Belui bawah menuju Mesjid Al-Falah Simpang Belui dan penutupan dilaksanakan malam selasa ba'da Shalat Isya.

Kegiatan MTQ ke XV ini turut dihadiri oleh camat Depati Tujuh beserta jajaranya, Forkopincam se-kecamatan Depati Tujuh, Forum kades se-kecamatan Depati Tujuh, pengurus BKMT kec. Depati Tujuh, tokoh adat, alim ulama, cerdik pandai se-kecamatan depati tujuh dan masyarakat se-kecamatan Depari Tujuh.

Sekcam Depati Tujuh Susila Dewi, S.Pd selaku Panitia pelaksana Kegiatan MTQ menyampaikan MTQ Ke XV tingkat Kec. Depati Tujuh diikuti oleh perwakilan 20 desa se-kecamatan Depati Tujuh

Dimana setiap desa mengirim peserta untuk semua cabang golongan yang terdiri dari

Cabang tilawatul Qur'an 

- Golongan Tartil Anak-anak : 32 peserta

- Golongan Tilawah Remaja  : 29 peserta 

- Golongan Tilawah Dewasa  : 21 peserta 

Total jumlah peserta 82 peserta 

 "Melalui MTQ ke XV tingkat Kecamagan Depati Tujuh Tahun 2024 kita tingkatkan pemahaman dan penerapan isi kandungan Alqur'an menuju Depati Tujuh yang bermarwah dan beradab"kata Sekcam Depati Tujuh Susila Dewi S.Pd

Camat Depati Tujuh Redi Fitmar, S.Sos dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga masyarakat Depati Tujuh yang telah ikut  berpartisipasi dalam kegiatan MTQ ke XV tingkat kecamatan, menurutnya kegiatan  agama sangat penting ditanamkan pada generasi muda agar terhindar dari kenakalan remaja seperti tawuran dan kecanduan narkoba.   

"Semoga dengan MTQ ini akan melahirkan Qori dan Qoriah yang berprestasi yang mampu membawa dan mengharumkan nama Depati Tujuh ke tingkat Kabupaten dan provins"harapnya

Malam penutupan dilaksanakan tgl 10 Juni 2024 malam selasa sekaligus pengumuman pemenang lomba MTQ yang dibacakan oleh Ikhsan Robby Siin, S.Sy, MH selaku Dewan Hakim (Panitera)

Juara umum 1 desa Simpang Belui dengan nilai 13. Juara Umum 2 desa Kubang Gedang dan desa Sekungkung dengan nilai 10, untuk Juara umum 3 desa Tebat Ijuk dengan nilai 9.  Juara umum 4 desa Koto Simpai dengan nilai 6. Sedangkan Juara Umum 5 desa Lubuk Suli, desa Tebat Ijuk Dili dan Desa Pahlawan Belui dengan nilai 5.

Dalam rangkaian kegiatan MTQ ke XV Tingkat Kecamatan Depati Tujuh tahun 2024 dari pembukaan sampai penutupan berjalan lancar dan mendapat antusias masyarakat. (Yudi)

Terkini