Barang Mewah Istri Sekdaprov Disorot, Dua Tokoh Masyarakat Riau Angkat Bicara

Barang Mewah Istri Sekdaprov Disorot, Dua Tokoh Masyarakat Riau Angkat Bicara

Pekanbaru,populisnews.com - Kehidupan sehari-hari istri Sekdaprov Riau SF Hariyanto dinilai tidak elok lantaran selalu memamerkan harta kekayaannya lewat media sosial. Banyak yang menilai kalau ini bentuk gaya hidup hedonis yang sepatutnya dihindari.

Berita yang bermula dari cuitan Twitter  akun @Partai Socmed ini menjadi bahan 'gorengan' media cetak dan elektronik. Tak hanya sang istri yang disorot, kehidupan anaknya pun ikut diintip dan dipublis.

Tokoh masyarakat Riau, H Samsul Rakan Chaniago SH MH mengaku sangat miris dengan pemberitaan-pemberitaan yang dinilai menyudutkan pribadi seseorang. Apalagi yang diberitakan itu kehidupan pribadi istri seorang pejabat.

"Ini tentu sangat mengganggu suasana keluarga maupun kerja sang pejabat. Untuk itu saya menghimbau hendaknya berita-berita seperti ini tidak di-blow up secara berlebihan. Karena ini menyangkut privasi seseorang," ucap mantan Hakim Agung tiga periode ini.

Disinggung apakah ada motif lain dibalik semua ini, Samsul menduga kemungkinan itu sangat terbuka. Apalagi sekarang tahun politik yang membuka ruang semua orang untuk melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan.

"Dugaan saya begitu. Dari informasi yang saya dapat, SF Hariyanto saat ini masuk sebagai kandidat pejabat gubernur yang dalam hitungan bulan akan ditunjuk oleh pusat," pungkasnya.

Semua Bisa Dibranded
Sementara, tokoh masyarakat lainnya Fajar Menanti S mengatakan kalau kecanggihan tekhnologi saat ini telah memberikan kemudahan bagi semua orang.

"Misalnya, kita lebih gampang mengakses informasi, berpromosi, dan lainnya. Tapi, ini juga bisa dijadikan sebagai alat 'tipu-tipu'. Jangankan barang, wajah saja bisa dibranded. Orang jelek bisa jadi cantik, barang palsu alias KW bisa jadi asli, dan sebaginya. Jadi, kita jangan mudah terperdaya dengan info dunia digital saat ini. Harus ada kroscek, jangan asal comot dari cuitan di Twitter saja," tukas Fajar.

Dikatakannya, pemberitaan yang menyudutkan kehidupan SF Hariyanto itu sama saja dengan membunuh karakter seseorang. Ini sangat tidak elok. Apalagi disaat umat muslim mau melaksanakan ibadah puasa.

"Ini sama dengan pembunuhan karakter (character assassin) seseorang yang notabene pejabat di negeri ini. Menurut saya sah-sah saja istri pejabat memiliki usaha. Dia tentu akan mempromosikan usahanya agar laku lewat postingan di medsos atau lainnya. Jadi, ini cara yang tidak elok dilakukan media untuk menjatuhkan seseorang," ucap Fajar didampingi Sekretaris Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Pimda Riau, Yufriadi Yusuf, Rabu (22/3/2023).

Menurut Fajar lagi, merebaknya pemberitaan kehidupan sosial istri pejabat ini tak lepas dari kepentingan sekelompok orang yang hendak menjatuhkan SF Hariyanto yang disebut-sebut bakal menjadi Pj Gubernur Riau.

"Saya sangat mengenal karakter SF Hariyanto. Orangnya sangat sederhana dan tidak pernah pamer. Selalu merespon keluhan banyak orang yang minta bantu sama dia. Saya yakin kalau berita tak baik ini ada kepentingan kelompok lain untuk menjatuhkan dia," tukasnya.

"Banyak lagi isu yang layak untuk diberitakan dibanding berita yang menyorot kehidupan seseorang. Persoalan negeri ini tidak akan pernah tuntas kalau kita hanya terfokus pada berita yang tak bernilai," Yufriadi manambahkan.

Barang KW
Sebelumnya, SF Hariyanto sudah buka suara kepada media terkait gaya hidup hedonis sang istri bernama Adrias Hariyanto yang viral di media sosial tersebut. Foto-foto yang viral di media sosial memperlihatkan tas bermerek yang digunakan Andrias hingga restoran tempatnya makan dan perjalanan ke Turki.

Bahkan, foto yang beredar merupakan koleksi foto-foto lama di akun instagram istrinya dari tahun 2017-2019 lalu. Foto itu diunggah saat Anto masih bertugas di Kementerian Pekerjaan Umum RI.

Hariyanto mengatakan, masyarakat bisa melihat sendiri harga-harga tas yang dimiliki istrinya. Menurut dia, istrinya belanja tas di Toko lorient_second lantai satu Mangga Dua Jakarta. Dia mengatakan, harga tas istrinya berkisar antara Rp2 juta hingga Rp5 juta.

"Soal ini sudah saya kroscek langsung. Misalnya untuk tas salah satu brand yang disebutkan seharga ratusan juta, itu sangat tidak benar. Karena itu barang KW dan dibeli dengan harga berkisar antara Rp2 sampai dengan Rp5 juta di Toko lorient_second lantai satu Mangga Dua Jakarta, itu tokonya masih ada, silakan di kroscek kalau ingin melihatnya," ujar Hariyanto.

Terkait perjalanan istrinya ke luar negeri, Anto menyampaikan hal itu tidak sama sekali melambangkan kehedonan seperti yang dihebohkan sebelumnya. Menurutnya, untuk liburan ke luar negeri yang dihebohkan itu menggunakan biaya yang tidak besar dan bersifat patungan bersama teman-temannya.

"Istri saya juga dituduh memakai sepeda Brompton mahal berganti-ganti. Padahal sejak tahun 2021 istri saya operasi tulang belakang dan sudah tidak bisa menggunakan sepeda. Sepedanya pun hanya satu dan digunakan sebelum operasi," katanya.

Hariyanto berharap masyarakat dapat bijak dalam mencerna informasi yang berkembang. Dia juga berharap masyarakat dapat mengecek dan melihat sumber informasi yang disampaikan apakah dapat dipertanggung jawabkan. Dia meminta penyebaran informasi jangan sampai mendiskreditkan bahkan merugikan pihak lain.(*)

Berita Lainnya

Index