LAMR Rohil Gelar Pembekalan Bacapeng Rohil 2023

LAMR Rohil Gelar Pembekalan Bacapeng Rohil 2023

Rohil,populisnews.com - Bertempat di Perkantoran Batu 6 Bagansiapiapi, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hilir gelar kegiatan pembekalan Bakal calon penghulu (Bacapeng) se-Kabupaten Rohil, Senin (12/6/2023). Pembekalan Bacapeng dibuka langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengucapkan terima kasih kepada LAMR dan seluruh anggota DPRD Rohil membentuk Pansus tentang Warkah dan peserta Bacapeng Rohil 2023.

Kepada semua Bacapeng, Bupati mengajak semua bakal calon untuk bersama sama mencari simpati masyarakat dengan tidak keluar dari aturan. Baik yang berkenaan dengan Perda maupun aturan Menteri Dalam Negeri dan  Undang Undang nomor 6 tahun 2014.

"Mari sama sama kita jaga suasana penyelenggaraan Pilpeng yang kondusif dan aman," ucap bupati.

Dijelaskannya, ada 23 kepenghuluan dari 12 Kecamatan yang akan menggelar Pemilihan Penghulu (Pilpeng) serentak 2023.

"Persiapan Pilpeng sudah 100 persen. Baik dari pihak kecamatan maupun panitia penyelenggara Pilpeng. Kepada masyarakat kita himbau agar mengikuti pesta Pilpeng dengan penuh gembira. Pilihlah Datuk penghulu sesuai dengan hati nuraninya masing masing," pesannya.

Sementara itu, Ketua Umum MKA LAMR Rohil H. Nasruddin Hasan juga mengucapkan terimakasih kepada pemda yang telah mendukung pembekalan adat istiadat Pilpeng tahap l.

Dikatakannya, Pilpeng akan dilaksanakan pada 10 Oktober 2023 mendatang. Peserta mengikuti tunjuk ajar adat istiadat melayu sesuai Perda No. 7 Revisi perda No. 9 Tahun 2022, pasal 33 a dan pasal 33 b, yakni sebagai persyaratan pendaftaran Bacapeng," ujar Nasrudin sembari menyebut warkah adat berisikan pengetahuan tentang adat istiadat.

Ketua DPH LAMR Rohil Datuk Seri Jufrizan SP.I  mengajak para media dan jurnalis agar dapat mengawal Pilpeng ini sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai tunjuk ajar istiadat melayu .

"Pengawalan Pilpeng harus kita lakukan bersama-sama agar tidak ada lagi praktik yang alias wani Piro di pilpeng," ucapnya.

Ada sekitar 86 bakal calon penghulu dari 12 kecamatan yang ada di Rohil. '"Kami sampaikan kepada peserta agar betul betul untuk mengikuti pembekalan adat dan dipastikan akan lulus," pesannya. (*)

Berita Lainnya

Index