PUTR Rohil Turun Alat Berat Gencar Normalisasi Sungai dan Parit

PUTR Rohil Turun Alat Berat Gencar Normalisasi Sungai dan Parit

PELALAWAN (Populisnews) - Pemerintah Daerah Kabupaten (Rohil) melalui Dinas Pengerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) melaksanakan normalisasi Sungai dan parit di wilayah kecamatan Bangko dan Sinaboi, tahun anggaran 2023.

Kepala Dinas PUTR Rohil, Asnar Bono Msi melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Hermanto , Selasa (20/6/23) menyebutkan bahwa normalisasi parit dan sungai sebelumnya sudah dilakukan dalam bulan puasa kemaren secara swakelola

"Tapi Target swakelola normalisasi kemaren hanya difokuskan 5 titik di wilayah kecamatan Sinaboi  ," Kata Hermanto dilokasi Pari Atmo  Bagan punak Meranti

Hermanto juga menjelaskan normalisasi sebagai respon permintaan masyarakat dan Datuk penghulu setempat, terutama mengurangi risiko dan antisipasi terjadi banjir lebih meluas.

"Saat ini kita juga menormalisasi parit Atmo sepanjang 2 kilo meter, mulai dari laut kepenghuluan Bagan Punak Pesisir sampai ke jembatan kedua kepenghuluan Bagan Punak," paparnya.

Masih Hermanto normalisasi Parit Atmo ini secara rutin setiap tahun, khususnya pada bulan September hingga Desember, sebagai upaya untuk mengatasi banjir.

"Untuk alat dan operator sudah standby  7 unit, long Arm 3 unit dan  standar 4 unit. Sekarang terus beroperasi menormalisasi sungai di kecamatan Bangko dan Sinaboi," jelasnya.

Sementara itu, Datuk Penghulu Bagan Punak Meranti Normansyah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rokan Hilir melalui Kabit SDM Hermanto telah tanggap mengantisipasi penanggulangan banjir di kecamatan Bangko.

"Terimakasih Pak Bupati, sudah Tanggap melakukan antisipasi penanggulangan banjir secara dini, terutama di kepenghuluan bagan Punak Meranti," ucapnya.

Meskipun curah hujan saat ini masih minim namun sudah terdapat beberapa lokasi yang terendam banjir akibat hujan dua hari belakangan. (Infotorial Diskominfotiks)

Berita Lainnya

Index