Diskominfotiks Rohil Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengunaan Aplikasi

Diskominfotiks Rohil Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengunaan Aplikasi
Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan SE MH.

Rohil,populisnews com - Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Rabu (23/8/23) dithotel Kesuma. Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Bimtek yang mengusung tema Peningkatan Kapasitas Penggunaan Aplikasi Romantik dan Penginputan Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) pada E- Walidata SIPD-RI ini dibuka oleh Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan SE MH.

Turut hadiri dalam kegiatan itu Kabid Statistik Darmawati, SH MH, Kabit IKP, serta Perwakilan dari seluruh OPD di lingkungan Pemkab Rohil khusus bagi operator penginput di masing-masing OPD.

"Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas data lintas sektoral di ruang lingkup OPD di wilayah Rohil supaya kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Indra Gunawan SE  MH.

Kabid Statistik Diskominfo Rohil Darmawati, SH MH menambahkan, terkait aplikasi romantik, ini merupakan aplikasi yang di kembangkan badan pusat statistik (BPS). Bahkan Aplikasi ini berisi rekomendasi BPS melalui kolaborasi terkoneksi Kominfo agar data-data mendapat saran dan masukan pusat statistik.

Sementara data sektoral di OPD, diskominfo sudah melakukan berbagai upaya termasuk juga melakukan kunjungan beberapa OPD termasuk sosialisasi.

"Bimtek ini juga merupakan salah satu bentuk muara dari kegiatan sebelumnya, Dimana data yang ada diruang lingkup OPD sehingga bisa dipertanggung jawabkan agar terukur sesuai pokok dan fungsi masing masing OPD," jelasnya.

Darmawati juga mengakui bimtek ini memang sangat dipandang perlu terkait dengan Penginputan data supaya data data sektoral OPD terhimpun dalam SIPD yang terkoneksi langsung kementrian.

Darma Wati juga menyebutkan Bimtek SIPD dan rekomendasi statistik atau aplikasi romantik di tentu BPS artinya setiap kegiatan statistik di OPD harus mendapat rekomendasi dari BPS sendiri.

Menurut dia kegiatan dapat terarah sehingga lebih mengerti metode pendataan meski begitu juga tidak terlepas dari peran Kominfotiks sebagai Walidata dalam melakukan pemeriksaan bersama BPS.

"Manfaat Bimtek meningkatkan indikator kinerja kepala daerah terutama laporan penyelenggara pemerintah daerah setiap tahun," pungkasnya.(*)

Berita Lainnya

Index