Andi: Layanan Disdukcapil Rohil Terus Meningkat

Andi: Layanan Disdukcapil Rohil Terus Meningkat
Kadisdukcapil Rohil, Andi Rahman

Rohil,populisnews.com - Penyediaan layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Rohil semakin kompleks. Tidak hanya penyediaan untuk loket khusus penyandang Disabilitas, lansia, Ibu hamil namun juga penambahan loket ruang bagi ibu menyusui anak, ruang anak, ruang baca, Wifi, Charger HP dan penyediaan air minum (PAM). Demikian disampaikan oleh Kadisdukcapil Rohil, Andi Rahman kepada wartawan, Jumat (8/9/2023) di Bagansiapiapi

Lebih lanjut Andi mengatakan Penyediaan pelayanan bagi yang  mengurus (adminduk) administrasi kependudukan adalah bagian upaya perbaikan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Dalam Peningkatan pelayanan ini menurut dia sesuai visi dan. Misi Bupati Rohil Afrizal Sintong kepada masyarakat.

"Selain memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat pihaknya juga telah melakukan berbagai perbaikan dan Inovasi," ungkapnya.

Masih Andi mengatakan setiap pengurusan kependudukan lakan diupayakan selesai satu hari itu juga dengan catatan dokumen persyaratan diajukan masyarakat dinyatakan lengkap. Namun demikian ada layanan yang tidak dapat diselesaikan satu hari seperti pencetakan e-KTP bagi pemula yang baru merekam.

Andi beralasan pelayanan tidak bisa diselesaikan satu dikarenakan data perekam e-KTP baru, harus terlebih dahulu dikirim ke pusat dan menunggu informasj pusat kembali mengirimkan data tersebut.

"Jadi kita berupaya membuat masyarakat nyaman. Loket sudah kita sediakan 12 loket untuk  pelayanan, 2 loket diantaranya khusus disabilitas dan merupakan prioritas seperti lansia, ibu hamil dan ini mereka tidak perlu menunggu antrian lama mendapat pelayanan langsung," paparnya.

Dari hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Disdukcapil Sebut Andi. "Saat ini sudah cukup memuaskan dan berada diangka 92,38 persen. Bahkan menurutnya Ombudsman RI juga merasa kagum melihat pelayanan tersedia  sarana dan prasarana saat penilaian di Disdukcapil Rohil," jelasnya.

Selain melaksanakan pelayanan di kantor,  Disdukcapil memberikan menggelar layanan jemput bola ke seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil.

"Dalam layanan jemput bola ini, kita akan berupaya untuk memberikan layanan terbaik siap hari pada Intinya kita berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat". pungkasnya.(*)

Berita Lainnya

Index