Hari Ini KPID Riau Buka Link Pendaftaran Untuk 100 Kontent Kreator

Hari Ini KPID Riau Buka Link Pendaftaran Untuk 100 Kontent Kreator

Pekanbaru,populisnews.com – Sempena Hari Bakti Postel ke-78 tahun 2023, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau menggandeng Trans Media mencari konten kreator berbakat se-Provinsi Riau dengan  kuota terbatas, yakni hanya untuk 100 peserta saja.

Hal ini disampaikan Ketua KPID Riau H. Falzan Surahman, S.Si, M.I.Kom, Selasa (19/9/2023). Falzan mengatakan, KPID Riau saat ini sedang dalam proses perekrutan konten kreator terhitung sejak hari ini, Selasa hingga Minggu (24/9/2023).

“Kuotanya terbatas, hanya untuk 100 orang saja, dan terbuka untuk umum. Mahasiswa, konten kreator, freelance videographer, youtubers, pelaku usaha Production House (PH) dan juga humas pemerintahan dan lainnya, silakan untuk mendaftar,” kata Falzan.

Dikatakan Falzan, gagasan ini berawal dari keresahan bersama terkait konten lokal di media televisi yang penayangannya selalu dilakukan berulang. Sementara, lembaga penyiaran dengan Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) punya kewajiban untuk menayangkan 10 persen konten lokal dari total durasi siarannya setiap hari.

“Selama ini jarang terpenuhi kewajiban konten lokalnya. Kalaupun terpenuhi, ya berulang yang itu-itu saja kontennya atau re-run. Mereka selalu berdalih kekurangan bahan, juga hasil produksi konten kreator lokal belum memenuhi standar. Makanya muncul gagasan ini supaya bisa mendapatkan apa yang menjadi standar produksi mereka sehingga konten yang dibikin oleh lokal dapat membantu memenuhi kewajiban mereka,” beber Falzan.

Untuk itu, Falzan mengajak semua para konten kreator, PH, mahasiswa dan lainnya untuk bergabung menimba ilmu bersama.  Bahkan kalau memungkinkan sekaligus dilakukan draft nota kesepahaman bersama, agar setelah kegiatan ini selesai dapat terjalin kerjasama antara konten kreator lokal dengan Televisi Swasta SSJ terutama Trans Media untuk memenuhi konten lokal mereka.

“Kami menggadeng Trans Media diantaranya ada Trans TV, Trans7, CNN Indonesia dan CNBC Indonesia untuk menjadi coach-nya. Disini akan banyak sharing ilmu yang bisa didapat. Mulai dari standar produksi video televisi, standar jurnalistik televisi hingga standar untuk tayang di media social," tukasnya.

Disebutkan Falzan lagi, setelah pihaknya  “menemukan” 100 orang konten kreator, maka pelatihannya akan dilaksanakan pada Selasa, (26/9/2023) di Hotel Prime Park & Convention Pekanbaru dari pukul 08.00 WIB sampai selesai.

“Waktunya full day, mulai dari pagi sampai sore. Jadi, jangan sampai kehilangan kesempatan emas ini, karena kami akan seleksi dulu calon pesertanya dengan indikator yang telah kami siapkan sebelum dinyatakan lolos untuk dapat kesempatan mengikuti pelatihan ini," tutup Falzan.

Untuk pendaftarannya, disila membuka link ini, https://s.id/Dicari100ContentCreatorRiau.  Informasi lebih jelas dapat mengunjungi Instagram @KPID Riau dan Facebook Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau, gratis, tidak dipungut biaya.(*)

Berita Lainnya

Index