Meriah, 400 Mahasiswa Baru FMIPA UMRI Ikuti PKKMB

Meriah, 400 Mahasiswa Baru FMIPA UMRI Ikuti PKKMB

Pekanbaru,populisnews.com - Memasuki tahun ajaran baru 20223/2024, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) kembali menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh fakultas yang ada di Kampus tersebut dengan tempat dan waktu yang berbeda.

Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Kesehatan menggelar giat pengenalan kampus dilantai III gedung Rektorat pada Selasa (19/9/2023). Dimana kegiatan itu diikuti sebanyak 400 mahasiswa baru dari enam (6) Program Studi (Prodi) yang ada. Diantaranya Fakultas Kimia, Fisika, Biologi, Kebidanan, Keperawatan dan Farmasi. Ratusan mahasiswa baru tersebut terlihat khusuk menyimak arahan dari panitia pelaksana.

Dekan Fakultas MIPA dan Kesehatan, Prasetya, S.Si, M.Si mengatakan, tujuan dilaksanakannya PKKMB ini adalah untuk mempekenalkan kehidupan kampus dan juga mempersiapkan mahasiswa/i dalam menghadapi proses perkuliahan yang ada di Fakultas MIPA.

"PKKMB adalah kegiatan formal pengenalan kehidupan kampus yang dilakukan secara umum, dan pengenalan fakultas secara khusus. Tujuan biar mahasiswa tidak 'kagok' dalam menjalani proses perkuliahan nantinya. Kalau dulu mereka kental dengan suasana sekolah, kini mereka harus beradaptasi dengan kehidupan di kampus," terang Prasetya kepada media ini, Selasa (19/9/2023).

Selain itu kata Prasetya, PKKMB ini juga untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa/i terkait perkuliahan. Mulai dari pengetahuan kurikulum, pengisian KRS, dan lainnya. Apalagi saat ini semua sudah dilakukan secara digital.

"Semua sudah by sistem, tidak menggunakan kertas lagi, tapi sudah paperless. Pengetahuan ini yang kita sampaikan kepada mahasiswa/i baru agar mereka tidak gaptek," tukasnya.

Dia berharap, dengan dilaksanakannya PKBM ini mahasiswa dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan di kampus. Mahasiswa/i baru tidak kebingungan menghadapi proses akademik di masing-masing prodi. Sehingga ini akan mempermudah dalam menjalani proses perkuliahan sampai tamat.

PKKMB UMRI yang mengusung tema "Championing Excellence in Health and Science" ini berlangsung sangat meriah. Seluruh mahasiswa terlihat antusias mendengarkan penjelasan tutor dari lingkungan kampus. Para mahasiswa tampak bergembira menikmati sosialisasi lingkungan kampus yang berlangsung hingga senja menjelang Maghrib tersebut.

Selain Dekan Fakultas MIPA dan Kesehatan Prasetya, S.Si, M.Si, kegiatan FMIPA UMRI ini juga diikuti oleh stakeholder tenaga pendidik di kampus tersebut. Tampak, Wakil Rektor I sekaligus dosen dari Prodi Biologi, Dr. Wirdati irma, S.Pd.,M.Si, Wakil Rektor III sekaligus dosen dari Prodi Kimia, Dr. Jufrizal Syahri, M.Si, Wakil Dekan Fakultas MIPA dan Kesehatan Delovita Ginting, M.Si, Ketua Program studi Biologi, Ketua Prodi Fisika, Ketua Prodi Kimia, Ketua Prodi Farmasi, Ketua Prodi Kebidanan, Ketua Prodi Keperawatan, dan seluruh dosen fakultas MIPA dan Kesehatan.(sier)
 

Berita Lainnya

Index