Dihadiri Guru Silat dan Ratusan Murid, RMB LHMR Pelalawan Taja Silaturahmi Akbar Silat Pengean

Dihadiri Guru Silat dan Ratusan Murid, RMB LHMR Pelalawan Taja Silaturahmi Akbar Silat Pengean
Panglimo RMB-LHMR Kabupaten Pelalawan, Datuk Yusri SH saat menyerahkan piagam dan sertifikat penghargaan dalam melestarikan budaya melayu.

Kerumutan (Populisnews.com)- Silat Pangean merupakan aset budaya yang memiliki seni bernilai tinggi yang ada di masyarakat melayu. Oleh sebab itu tradisi silat Pangean ini harus dilestarikan.

Hal itu yang dilakukan Rumpun Melayu Bersatu- Laskar Hulubalang Melayu Riau (RMB-LHMR) Kabupaten Pelalawan dengan menggelar silaturahmi akbar silat pengean, Ahad (1/10/2023) sekira pukul. 20.00 WIb di lapangan bola Desa Mak Teduh.

Kegiatan dibuka langsung oleh Panglimo RMB-LHMR Kabupaten Pelalawan Datuk Yusri SH, didampingi Datuk Timbalan Khairudin dan Datuk Bendahara Erik Suhenra S. I. Kom.

Selain itu, tampak hadir Guru Besar Pangean Koto Tinggi H Saidina Abdulah didampingi Syukur Penghulu Maruanso dan Guru Silat Pulau Kumpai Hanafi serta Kepala Desa Mak Teduh Suriadi SE.

Sedangkan guru silat pengean di rantau yang hadir yakni Laman Pematang Tongah, Laman Pangkalan Tampoi, Laman Kopou, Laman Lipai Bulan, Laman Pangkalan Panduk, Laman Air Kuning, Laman Kayuara, Laman Bukit Garam dan Laman Kelurahan Bunut.

Silaturahmi juga di hadiri ratusan murid dari perwakilan laman silat di Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutan, Panglimo RMB-LHMR Datuk Yusri SH menyampaikan bahwa Silat Pangean merupakan aset budaya yang memiliki seni bernilai tinggi yang ada di masyarakat melayu.

"Tujuan kami bagaimana menjaga tradisi melayu ini tidak tergerus zaman. Sebab Silat Pengean merupakan salah jati diri kebudayaan melayu," ujar Datuk Yusri SH.

Ditambahkan Datuk Panglimo yang juga anggota DPRD Pelalawan ini, Silat Pangean tidak hanya dikenal oleh masyarakat melayu saja, tapi sudah terkenal kemana-mana.

"Saya mengajak generasi muda untuk menjaga tradisi ini sebagai suatu yang sangat berharga. Insya Allah, melalui silaturahmi akbar ini kita bisa bersama menjaga tradisi ini, dan melestarikan nya sebagai salah satu identitas budaya melayu," pungkasnya. ***
 

Berita Lainnya

Index