DLH Rohil Bersama P3ES KLHK Sosialisasikan Pengelolaan Sampah Perkotaan

DLH Rohil Bersama P3ES KLHK Sosialisasikan Pengelolaan Sampah Perkotaan

Rohil,populisnews.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir bekerjasama dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK), pada hari Selasa (17/10/23) di kantor DLH Batu 6 Bagansiapiapi.

Kepala DLH Rohil, Suwandi SSos, menjelaskan kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah perkotaan oleh P3ES bersama DLH. Sosialisasi ini juga melibatkan pembimbingan teknis untuk daur ulang sampah organik dan non-organik selama lima hari ke depan.

Menurutnya, kegiatan ini disambut baik dan dianggap bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah daerah, serta para pemangku kepentingan. Dengan demikian, disarankan agar sampah dibuang sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.

Suwandi menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan pengelolaan sampah adalah untuk menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Oleh karena itu, tidak semua sampah akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), melainkan diproses melalui proses pemilahan terlebih dahulu guna mengurangi sumber sampah dari rumah tangga dan sektor lainnya.

"Melalui sosialisasi ini, Pemerintah Daerah dapat menyampaikan kepada masyarakat agar setidaknya sudah terjadi pengurangan sampah sejak dari sumbernya," jelas Suwandi.

Suwandi juga mengucapkan terima kasih kepada Kabid Fasilitas P3ES, Alfi Fahmi S.Pi, MSi, dan rombongan atas terselenggaranya sosialisasi pengelolaan sampah perkotaan.

"Terima kasih telah mempercayai Rohil Khusus di Bagansiapiapi untuk melaksanakan sosialisasi pengelolaan sampah perkotaan di kota Bagansiapiapi," ucapnya.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala PJE Sumatera yang diwakili oleh Kabid Fasilitas P3ES Alfi Fahmi S.Pi. MSi, P3ES Adipura Rosita, Sekretaris DLH Nauli Fitriyani, Kabid Penataan Lingkungan, Kabid Pengelolaan Sampah, Bidang Penyuluh Lingkungan. Selain itu, hadir juga ASN, PTT, perwakilan Camat Bangko, Lurah Bagan Barat Rina S.Pd, Penghulu se-kecamatan Bangko, dan Sekolah Adiwiyata.(*)

Berita Lainnya

Index