Kades Berdalih, Tidak Ada Pemecatan Perangkat Desa, Hanya Ucapan Terima Kasih

Kades Berdalih, Tidak Ada Pemecatan Perangkat Desa, Hanya Ucapan Terima Kasih
Illustrasi

SUNGAIPENUH (Populisnews)- Sempat Heboh Sejumlah Perangkat Desa yang Nonaktifkan oleh Kepala Desa Terpilih, Mendapat Respon Kades Berdalih Tidak ada Pemecatan Perangkat Desa.

Hal ini disampaikan oleh Kades Koto Baru Tanah Kampung Kota Sungai Penuh, Jon Afrizal, kepada wartawan, Kamis (1/2). Dia mengatakan, dari sejumlah desa yang diberitakan memecat perangkat desa, itu tidak benar. Karena tidak pernah ada pemecatan, yang ada hanya ucapan terima kasih.

"Ucapan terima kasih itu karena perangkat sudah mengabdi dengan kades sebelumnya periode 2018-2023," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada Jumat (26/1) kemarin, kades di 19 desa juga sudah dipanggil Dinas Pemdes, dan diperingatkan jika pergantian perangkat desa harus sesuai dengan aturan.

"Kita tetap mengacu pada aturan. Pengajuan untuk pergantian perangkat tahun 2024 memang sudah kita ajukan ke camat, tapi belum ada yang direkomendasi," ungkapnya.

Saat ini, kata dia, perangkat desa di 19 desa yang kadesnya baru, tidak ada melarang perangkat desa untuk bekerja, malah diminta untuk bekerja dengan disiplin.

"Kami sendiri membuat pakta integritas, tata tertib jam kerja. Dalam musrenbangdes perangkat juga ikut. Tapi sejak musrenbangdes, malah perangkat yang tidak masuk kantor," ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk SK perangkat desa mulai tahun 2024 belum keluar, dan SK perangkat lama sudah berakhir 2023 kemarin. Namun tidak ada staf baru, untuk menjalankan roda pemerintahan perangkat yang lama masih berkewajiban.

"Selain itu pertanggung jawaban perangkat lama dengan kades lama juga masih, terkait kegiatan tahun 2024. Untuk itu tuntaskan dulu pekerjaan pertanggung jawaban anggaran 2023, soal pergantian atau mau mundur itu nanti. Selain itu, dua pekan kita juga akan pemilu serentak, kita fokus ke sana dulu," ungkapnya. (Yudi Hermawan)

Berita Lainnya

Index