Menjelang Hari Besar Idul Fitri Pemkab Kerinci Gelar Gerakan Pangan Murah di Pasar Tradisional

Menjelang Hari Besar Idul Fitri Pemkab Kerinci Gelar Gerakan Pangan Murah di Pasar Tradisional

Kerinci, Populisnews.com - Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idil Fitri 1445 H/ 2024 M Pemerintah Kabupaten Kerinci mengelar gerakan pangan murah. Senin (01/04/2024).

Pj Bupati Kerinci Asraf menargetkan stabilitas pasokan harga pangan yang terjangkau oleh masyarakat. Dalam acara ini turut di hadiri oleh 

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta berbagai Instansi lainnya.

Dalam acara Zoom meeting dengan Kepala Badan Nasional dan Mentari dalam Negeri, PJ Bupati Asraf menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga pangan menjelang Idul Fitri. 

"Pasar pangan murah menjadi salah satu upaya konkrit yang diinisiasi untuk memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat, dengan harga yang terjangkau. Saat ini harga pangan seperti cabe, bawang, dan beras masih dalam kondisi stabil, dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat" ungkap Pj Bupati Kerinci.

PJ Bupati Asraf menjelaskan bahwa pasar pangan murah akan kembali diadakan di Pasar tradisional Hiang pada Kamis mendatang. Acara tersebut diproyeksikan bersamaan dengan kedatangan Presiden RI Jokowi, menunjukkan dukungan penuh pemerintah daerah terhadap Gerakan Pangan Murah. 

"Kehadiran Presiden di acara tersebut diharapkan dapat memberikan dukungan dan perhatian yang lebih besar terhadap upaya stabilisasi harga pangan dan ketersediaan pangan murah bagi masyarakat,"Jelas PJ Bupati 

Lebih lanjut Pj Bupati Kerinci mengatakan, Pasar pangan murah bukan hanya sebagai ajang penjualan pangan dengan harga terjangkau, tetapi juga sebagai momentum untuk membangun kesadaran akan pentingnya ketersediaan pangan yang memadai bagi seluruh lapisan masyarakat. 

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat nyata dari peran serta pemerintah dalam menjaga stabilitas harga pangan, terutama menjelang momen penting seperti Idul Fitri." paparnya.

Dalam rangkaian Gerakan Pangan Murah ini, kolaborasi antara berbagai instansi pemerintah daerah, badan statistik, dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) menjadi kunci keberhasilan. Melalui koordinasi yang baik antarinstansi, diharapkan upaya menjaga stabilitas harga pangan dan ketersediaan pangan murah dapat berjalan efektif dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini, diharapkan bahwa masyarakat Kabupaten Kerinci dapat merayakan Hari Besar Keagamaan Nasional dengan lebih tenang dan bahagia, karena terjaminnya ketersediaan pangan yang memadai dan harga yang terjangkau. Selamat menyambut Idul Fitri 1445 H 2024 M, semoga momen kebersamaan ini menjadi berkat bagi seluruh masyarakat Indonesia," tutup PJ Bupati, (**/Yudi).

Berita Lainnya

Index