Berbuka Bersama LAMR Pelalawan, Bupati H. Zukri: Pemkab Sediakan Guru Tilawah di Masjid Pangkalan Kerinci

Berbuka Bersama LAMR Pelalawan, Bupati H. Zukri: Pemkab Sediakan Guru Tilawah di Masjid Pangkalan Kerinci

Pangkalan Kerinci (populisnews.com)
Derajat anak yatim dan piatu teramat mulia di hadapan Allah SWT.

Berawal dari itu lah, di momen bulan suci  yang penuh berkah ini, Lembaga Adat Melayu Riau (LAM-R)  Kabupaten Pelalawan  melaksanakan buka puasa bersama anak yatim, Selasa 2 April 2024.

Bukber dengan anak yatim berlangsung di Aula Lantai II Balai Adat Melayu Datuk Bandar Setia Diraja dengan tema "Raih Kemenangan di Bulan Suci Dengan Pererat Silaturahmi."

Turut hadir Bupati Pelalawan H. Zukri SE, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH, Sik, Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Benny Arsyandi SH, MH, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Pelalawan.

Selain itu, tampak hadir tokoh agama, tokoh masyarakat, datuk, datin dan puan pengurus LAM-R Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutan Ketua Umum DPH LAM-R Kabupaten Pelalawan Datuk Seri  H. Herman Maskar S.Pd, MSi mengungkapkan, acara buka puasa bersama ini dilakukan setiap tahunnya.

"Tujuan kegiatan yakni demi memperkuat Silaturahmi pengurus LAM dengan tokoh masyarakat serta anak yatim maupun dengan ulama, sekaligus untuk meningkatkan iman dan takwa LAM-R Pelalawan di bulan ramadhan.

Disamping itu, kata Dewan Pendidikan Riau juga menjelaskan bahwa selain buka bersama, LAM juga melaksana kegiatan lomba islami untuk anak-anak salah satunya lomba ayat pendek.

Lanjut Datuk Seri Herman Maskar menyebutkan bahwa LAM-R Pelalawan juga akan melaksanakan kegiatan tunjuk ajar melayu pada bulan Mei mendatang. Kegiatan dipusatkan di kota Pangkalan Kerinci dengan jumlah peserta lebih kurang 400 orang.

"Insya Allah, dalam waktu dekat kita akan laksanakan kegiatan tunjuk ajar melayu buat anak-anak kita," ungkap H. Herman Maskar.

Sambung Datuk Seri H. Herman Maskar, selain itu, usai lebaran LAM-R Pelalawan juga melakukan pembentukan pengurus Dunia Melayu Islam.

"Ya kita doakan, Insya Allah. Ketuanya akan diketuai Ketua MUI Kabupaten Pelalawan, " terang Datuk Seri H. Herman Maskar.

Sementara itu, Bupati Pelalawan, H. Zukri SE dalam sambutan, menyampaikan ungkap terima kasih bahwa dengan melakukan buka puasa bersama pasti ada hikmahnya. Tentunya, bukan sekedar buka puasa untuk berkumpul bersama, akan tetapi sudah berbagi rezeki.

"Kita Pemerintah Kabupaten Pelalawan sangat mendukung kegiatan ini, apalagi berbagi dengan pakir miskin dan anak yatim," ujar Bupati Pelalawan.

Disisi lain Bupati menyampaikan target kedepan, bahwa Pemerintah mulai melaksanakan kegiatan katam Al-qur'an disetiap desa dalam setiap kegiatan safari ramadhan.

"Katam Qur'an, itu merupakan harapan kita disetiap giat safari Ramadhan,"tegasnya.

Lebih lanjut H. Zukri, menjelaskan pemerintah juga menyediakan guru tilawah untuk anak-anak yang ingin belajar Al-quran.

"Ada sebanyak 8 masjid di Pangkalan Kerinci sudah memiliki guru tilawah yang disediakan oleh pemerintah. Belajar seminggu dua kali disiap lepas magrib. Kita mohon datuk dan dantin serta batin kita mengajak anak-anak kita magrib mengaji," harapan Bupati Pelalawan.

Diakhir sambutannya, sebentar lagi memasuki hari raya idul fitri, tentu dirinya sebagai Bupati Pelalawan sudah menjabat kurang lebih 3 tahun. Diakhir, masa jabatan nya 3,5 tahun setengah. Dirinya atas nama pribadi memohan maaf sebesar-besarnya atas segala kekurangan. Selain itu, mewakili Pemkap Pelalawan juga memohon maaf sebesar-besarnya.

Usai kegiatan rangkaian acara, dilanjutkan dengan Tausiyah yang disampaikan Ustadz, H. Kasbi S.Pdi sekaligus menutup dengan doa serta berbuka bersama dan dilanjutkan dengan sholat magrib bersama. ***

 

Berita Lainnya

Index