Kepala daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

H Zukri Dianugerahi Baznas Award 2024

H Zukri Dianugerahi Baznas Award 2024
Bupati Pelalawan H Zukri di anugerahi sebagai kepala daerah pendukung pengelolaan zakat terbaik 2024 dari baznas RI

PELALAWAN (Populisnews) – Visi pertama dari sembilan visi Baznas adalah membangun BAZNAS yang kuat, terpercaya, dan modern sebagai lembaga pemerintah non-struktural yang berwenang dalam pengelolaan zakat, dan keduanya memaksimalkan literasi zakat nasional dan peningkatan pengumpulan ZIS-DSKL secara masif dan terukur.

Visi ketiga adalah memaksimalkan pendistribusian dan pendayagunaan ZIS-DSKL untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan ummat, dan mengurangi kesenjangan sosial. Dan keempat memperkuat kompetensi, profesionalisme, integritas, dan kesejahteraan amil zakat nasional secara berkelanjutan.

Modernisasi dan digitalisasi pengelolaan zakat nasional dengan sistem manajemen berbasis data yang kokoh dan terukurdan memperkuat sistem perencanaan, pengendalian, pelaporan, pertanggungjawaban, dan koordinasi pengelolaan zakat secara nasional menjadi visi keliam dan visi keenam.

Visi ketujuh menguatkan semangat untuk membangun kemitraan antara muzakki dan mustahik dengan semangat tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan, dan dilanjutkan dengan visi kedepan dengan semangat meningkatkan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan terkait untuk pembangunan zakat nasional dan terakhir adalah vsi untuk ikut berperan aktif dan menjadi referensi bagi gerakan zakat dunia.

Terkait peran besarPemkab Pelalawan dalam memajukan ekonomi Baznas,  Bupati Pelalawan H Zukri SE mengulang kembali prestasinya pada Baznas Award. Kali ini meraih penghargaan Baznas Award 2024 kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik yang berlangsung Kamis (29/02/ 2024) bertempat di Hotel Bidakara Jakarta.

Penghargaan Baznas Award tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Republik Indonesia Prof Dr KH Noor Achmad dan juga dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. BAZNAS Award sendiri adalah penghargaan tahunan yang diberikan oleh BAZNAS RI kepada individu atau lembaga yang berkontribusi dalam pengelolaan zakat di Indonesia. Salah satu kategori dalam BAZNAS Award adalah “Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik”.

Dalam keterangannya, BAZNAS RI menyebut orang nomor satu di Pelalawan itu sangat layak menerima penghargaan bergengsi BAZNAS Award tahun ini karena sebagai kepala daerah, Bupati Zukri dinilai memiliki peran aktif dan kontribusi besar dalam mendukung gerakan zakat di wilayah Kabupaten Pelalawan

"Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Bupati Pelalawan yang telah terpilih mendapatkan BAZNAS Awards 2024 sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik," ujar Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad, di sela-sela acara penganugerahan.

Diakuinya, Baznas hingga saat ini telah melakukan kolaborasi penuh dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ). "Jadi sebisa dan sebanyak mungkin masyarakat dipermudah untuk membayar zakat. Baznas seluruh Indonesia dengan LAZ selalu berkoordinasi baik dalam penghimpunan maupun penyaluran," kata dia.

Melalui Baznas Awards, kata dia, apresiasi diberikan baik kepada pemerintah maupun pelaku zakat. “Karena sinergi yang telah mereka berikan baik untuk penghimpunan sekaligus untuk penyaluran.”

Bupati Pelalawan Zukri Misran mengatakan, untuk dapat mencapai potensi zakat, wilayahnya mewajibkan ASN berzakat melalui Baznas dengan sistem payroll. Selain itu, para pengusaha-pengusaha juga didorong untuk berpartisipasi untuk zakat di Baznas. “Zakat kita meningkat, sebelumnya Rp6-7 Miliar, di tahun 2023 sudah Rp 12 Miliar,” ujar Bupati yang telah meraih penghargaan Baznas Awards kedua kalinya.

Bupati Pelalawan H. Zukri menyampaikan rasa syukur dapat membantu orang banyak yang membutuhkan melalui Baznas.Penghargaan ini bukan membuat Kita sombong dann jumawa melainkan menjadi motivasi untuk terus mengkampanyekan zakat ditengah masyarakat.

”Betapa penting peran zakat dalam menggalakkan ekonomi umat terutama dalam membantu dan menolong yang fakir dan miskin guna meningkatkan kesejahteraan umat. Mari sisihkan rezeki bagi sesama menuju kesejahteraan dan bersama Kita wujudkan Pelalawan Maju," tandasnya.

Ketua Baznas Pelalawan, H. Karmani, S.Pd.I, menjelaskan bahwa diraihnya penghargaan oleh Bupati Pelalawan adalah karena beliau lah Bupati satu-satunya yang mengkondisikan dana hibah bagi fakir miskin. 

"Jadi kalau Pak Bupati kemudian mendapat penghargaan untuk kategori Bupati Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik, ya memang sudah semestinya. Karena beliau lah Bupati satu-satunya yang mengkondisikan dana hibah bagi fakir miskin dan peduli pada mereka," tukasnya. (adv/Erik Suhenra) 

Berita Lainnya

Index