Pj Bupati Kerinci Peringati Hari Otonomi Daerah Ke - XXVII Tahun 2024

Pj Bupati Kerinci Peringati Hari Otonomi Daerah Ke - XXVII Tahun 2024

KERINCI, Populisnews.com - Pemerintah Kabupaten Kerinci menggelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Kerinci Bukit Tengah pada Senin, (29/4/2024). 

Dalam Upacara memperingati hari Otonomi daerah yang bertindak sebagai petugas dari Dinas Kominfo Kepala Bidang PIKP Vicko Parbo memimpin upacara tersebut.

Pj. Bupati Asraf membacakan amanat Menteri Dalam Negeri yang mengusung tema 'Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat'. Asraf menekankan pentingnya komitmen untuk membangun keberlanjutan dalam memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Asraf juga mengungkapkan bahwa kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara efisien dan berkelanjutan. Hal ini diharapkan dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan perekonomian secara keseluruhan.

Setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun, perlu dilakukan pengawasan dan evaluasi agar program dan kegiatan dalam APBD tepat sasaran, efektif, dan efisien.

Perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan terobosan kebijakan bernilai manfaat dalam identifikasi dan perencanaan wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi.

Upacara Peringatan Otonomi Daerah ke-28 tahun 2024 dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kerinci, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, dan Camat di lingkungan Pemkab Kerinci. 

Upacara tersebut diisi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan sejarah singkat Hari Otonomi Daerah, dan ditutup dengan pembacaan doa yang berlangsung khidmat.  (Yudi).

Berita Lainnya

Index