Gelar Pengabdian Masyarakat di Rawa Bening, Mahasiswa Prodi Kebidanan UMRI Kenalkan Baby Gym dan Baby Spa

Gelar Pengabdian Masyarakat di Rawa Bening, Mahasiswa Prodi Kebidanan UMRI Kenalkan Baby Gym dan Baby Spa
Mahasiswa Prodi Kebidanan UMRI Pekanbaru foto bersama setelah usai melaksanakan penyuluhan Baby Gym dan Baby Spa di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, beberapa waktu lalu..

Pekanbaru,populisnews.com - Dalam upaya mengedukasi ibu-ibu di lingkungan Kelurahan Sidomulyo, mahasiswa Program Studi (Prodi) Kebidanan Universitas Muhammadiyah (UMRI) Pekanbaru gelar kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dan pengenalan Baby Gym dan Baby Spa.

Dengan sosialisasi ini diharap akan mampu meningkatan pengetahuan kaum ibu melalui pendidikan kesehatan tentang manfaat edukasi baby spa untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Pengabdian Masyarakat yang bertajuk "Sosialisasi Manfaat Senam Bayi (Baby Gym) dan Baby Spa Terhadap Kognitif Bayi dan Balita" ini di laksanakan di Posyandu Permata Ibu, Jl Rawa Bening, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Senin (20/5/2024).

Dosen Prodi Kebidanan UMRI, Nevi Susianty S.Tr.Keb M.Kes kepada media ini mengatakan, tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam mengisi kesenjangan antara teori dan praktik, serta memfasilitasi penerapan inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Terkait dengan materi, tujuannya untuk mengenalkan kepada ibu-ibu yang memiliki bayi di bawah 2 tahun tentang pentingnya baby gym dan baby spa" terang Nevi.

Dikatakannya, Baby Gym adalah rangkaian kegiatan pemanasan yang dilakukan ibu terhadap bayi, yakni berupa senam ringan. Hal ini bertujuan untuk membuat bayi lebih rileks serta melatih saraf motorik bayi. Sedangkan baby spa adalah merilekskan bayi dengan cara memandikan dengan simulasi berenang.

"Baby gym merupakan salah satu pemberian stimulasi tumbuh kembang pada anak bayi, sehingga penting bagi orang tua untuk melakukan kegiatan ini," ucap Devi lagi.

Melakukan senam bayi, menurutnya mampu mendukung perkembangan si Kecil. Karena selain menghibur, senam bayi juga dapat melatih koordinasi tangan, mata, kaki, serta anggota gerak tubuh lainnya.

"Selain itu salah satu penanganan stunting yaitu dengan melakukan baby gym seperti senam bayi, sehingga dapat merangsang pusat lapar hipotalamus pada bayi dan memicu keinginan bayi untuk menyusu/makan" pungkas Nevi Susianty.

Nevi juga berharap, dengan penyuluhan ini masyarakat khususnya kaum ibu dapat untuk lebih mengenal cara pemberian stimulasi tumbuh kembang bayi dengan metode baby gym dan baby spa.(*)

 

 

 

Berita Lainnya

Index