Dibantu Brigade 08, Pegiat Sosial Alumni SDN 005 Pekanbaru Salurkan Bantuan Bencana Sumbar

Dibantu Brigade 08, Pegiat Sosial Alumni SDN 005 Pekanbaru Salurkan Bantuan Bencana Sumbar
Pegiat Sosial Alumni SDN 005 Pekanbaru bersama Brigade 08 Riau saat menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat Tanah Datar yang ditimpa bencana banjir lahar dingin dan galodo beberapa waktu lalu

Tanahdatar,populisnews.com - Prihatin dengan warga yang tertimpa bencana alam di Sumatera Barat, Pegiat Sosial Alumni SDN 005 Pekanbaru bekerjasama dengan Brigade 08 Pekanbaru, ulurkan bantuan berupa Sembako, Sabtu (25/5/2024). Penyerahan bantuan tersebut langsung dipimpin Ketua Pegiat Sosial Alumni, Dewi Astuti, S.Pd didampingi Muzerman yang mewakili keluarga besar Buya datuk Perpatih, Ketua PAC Brigade 08 Riau Mardianto dan Ketua DPC Brigade 08 Pekanbaru Tahidin.

Dewi yang juga merupakan tenaga pendidik di SMPN 13 Pekanbaru itu mengatakan, bencana alam berupa longsor dan banjir bandang lahar dingin yang melanda Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), menyisakan luka yang mendalam bagi warga sekitar.

Dewi Astuti saat menyerahkan bantuan kepada warga di Desa Panti Rambatan, Sabtu (25/5/2024)

"Bencana ini membuat kita prihatin. Puluhan orang meninggal dunia, ratusan warga kehilangan tempat tinggal. Makanya kita menggalang donasi untuk membantu saudara-saudara kita yang lagi ditimpa kemalangan tersebut," ungkap Dewi kepada awak media,Sabtu (25/5/2024).

Disebutkan Dewi, bantuan yang diserahkan merupakan hasil donasi alumni SDN 005 dan beberapa warga yang tinggal di lingkungan Gobah, Pekanbaru.

"Lebih seminggu kita kumpulkan donasi. Alhamdulillah, terkumpul sebanyak Rp7.070.000. sumbangan para donatur ini kita belikan ke beras sebanyak 52 karung ukuran 5 Kg, dan 1 dus minyak kayu putih. Dan semua sudah kita serahkan kepada warga. Terimakasih kepada para donatur, semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin," ujar Dewi.

Pegiat Sosial Alumni SDN 005 bersama Brigade 08 Riau di posko bencana Wali Nagari Rambatan

Sebagaimana disebutkan Dewi, penyerahan bantuan pertama diberikan kepada pengungsi di Desa Panti Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Dimana untuk mencapai lokasi pengungsian membutuhkan waktu lebih kurang 1 jam, karena tempatnya sangat terisolir.

Namun lelah para pejuang kemanusiaan ini terobati. Di Lokasi pengungsian, rombongan diterima sangat baik oleh Camat Rambatan Roza Melfita, S.STP, Kapolsek Rambatan Iptu Arfinus, S.Sos, serta warga sekitar.

Dalam kesempatan itu, Camat Rambatan Roza Melfita, S.STP mengucapkan terima kasih atas kepedulian masyarakat Riau yang telah membantu warga terdampak banjir.

"Kami sangat berterimakasih kepada masyarakat Riau khususnya pegiat sosial alumni SDN 005 dan Brigade 08 yang telah sudo datang memberi bantuan kepada warga kami yang tertimpa musibah. Semoga ini menjadi amal jariyah yang pahalanya tak putus," ujar Roza.

Warga Rambatan dengan suka cita menerima bantuan

Ucapan terimakasih juga disampaikan salah seorang warga tempatan yang rumahnya rata dilanda banjir. "Tarimo kasih nak bantuannyo. Kini ado bareh yang kan dimasak (Terimakasih nak, sekarang ada beras yang mau dimasak)," Isak salah seorang ibu paruh baya.

Sementara, Ketua DPC Brigade 08 Mardianto mengatakan, bantuan sosial kemanusiaan ini sudah menjadi agenda rutin Brigade 08. Mereka akan turun ke lokasi bencana untuk mengulurkan bantuan.

"Sudah menjadi tugas bersama untuk peduli dengan masyarakat yang membutuhkan, terutama terdampak banjir. Mudah-mudahan bencana banjir bandang cepat berlalu dan warga bisa kembali beraktifitas seperti biasanya," ucap Mardianto di Posko Bencana Kantor Wali Nagari Rambatan, Sumatera Barat.(*)
 

Berita Lainnya

Index