Rokan Hilir Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Arak-Arakan Piala Adipura

Rokan Hilir Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Arak-Arakan Piala Adipura

Rohil,Populisnews.com - Pemerintah Rokan Hilir melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia sekaligus mengarak piala Adipura keliling Kota Bagansiapiapi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil, Suwandi, S.Sos., saat dikonfirmasi pada Selasa (11/6/2024).

Suwandi menjelaskan bahwa peringatan HLH Sedunia jatuh pada tanggal 5 Juni 2024. Namun, rencana kegiatan HLH Sedunia akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2024 mendatang.

"Kegiatan Hari Lingkungan Hidup akan dipusatkan di Jalan Pelabuhan Baru," kata Suwandi.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilakukan antara lain mengarak piala Adipura, dimulai dari kantor BPKAD menuju Jalan Pahlawan, Jalan Masjid, Jalan Perwira, Jalan Perniagaan, Jalan Nelayan, dan berakhir di Jalan Pelabuhan Baru.

Menurut Suwandi, maksud dari mengarak piala Adipura ini adalah sebagai momentum bersejarah bagi Kota Bagansiapiapi yang sudah lama tidak meraih Piala Adipura.

"Ini juga sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar berperan serta menjaga kebersihan lingkungan," tambahnya.

Selain mengarak piala Adipura, kami juga akan mengadakan kegiatan seremonial seperti penanaman pohon di areal pelabuhan, membersihkan pinggir sungai sepanjang pelabuhan menuju Pelabuhan Oliung, yang akan dilakukan secara gotong royong massal.

Kemudian, akan ada pembagian hadiah lomba mengumpulkan sampah berbahan plastik. Hadiah tersebut akan diserahkan dalam acara tersebut. Rencana kegiatan ini juga akan dilaporkan kepada Bupati.

"Dengan demikian, harapannya Bupati dapat berkenan untuk hadir," ujar Suwandi.

Sebelum kegiatan ini, lanjut Suwandi, sudah dilakukan koordinasi dengan beberapa OPD seperti Disprindagsar terkait penilaian pasar, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) yang akan mensupport kegiatan dengan menampilkan hasil pertanian di Rohil.

Selain itu, untuk memeriahkan kegiatan, akan melibatkan anak-anak sekolah, seperti marching band, yang akan merayakan mayoritas petugas kebersihan di Kecamatan Bangko Bagansiapiapi sekaligus mengarak piala Adipura ini.(*)

Berita Lainnya

Index