Permudah Admiduk

Bupati Afrizal Sintong Launching Aplikasi Si Koncang Pancasila

Bupati Afrizal Sintong Launching Aplikasi Si Koncang Pancasila

ROKAN HILIR (Populisnews) - Bupati Rohil Afrizal Sintong melaunching Aplikasi desa Cerdas dan Siskudes online (Sikoncang Pancasila ) atau Sistem Informasi Kepenghuluan Online Nan Canggih, Kamis (6/10/22) di gedung Misran Rais Bagansiapiapi.

Lounching disaksikan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP RI) Yakob KM, perwakilan BPKP Riau Oki Ahmad, BKN Dumai Fauqi Ahmad Kharir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Yandra, serta Forkopimda.

Kadis PMD Yandra mengatakan, aplikasi diresmi ini adalah ide dan gagasan Bupati guna menjalankan salah satu visi misi yakni menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif dan efisien berbasis teknologi.

Salah satunya dengan melakukan launching layanan mandiri kepenghuluan Si Koncang Pancasila ini. Aplikasi ini bertujuan guna memberikan pelayanan cepat tepat dan terintegrasi keseluruhan instansi pemda.

"Saya berharap OPD ditingkat kecamatan dapat menyambut dengan baik bisa agar lebih sinergitas menjalani pelayanan online berintegritas," ujarnya

BPIP RI diwakili Direktur perencanaan pendidikan dan pelatihan DR. Drs. Yakob KM., M.Si mengatakan, launching aplikasi ini merupakan salah satu contoh yang luar biasa dan Kabupaten Rohil merupakan daerah ingin maju.

Launching aplikasi ini sebutnya inisiasi Bupati Sebab, saat ini tak mungkin lagi pemda mengunakan sistem komvensional.

"Apa yang di lakukan Bupati, adalah sebuah terobosan sangat luar biasa pertama kali di Indonesia tercipta aplikasi begitu hebat bisa jadi rekor muri .Meskipun Demikian terobosan harus di implementasikan semua komponen jangan hanya sebatas pajangan ." Kata Yandra

Menurut Yandra Teknologi merupakan upaya mempermudah masyarakat dalam berhubungan dengan pemimpin dan kepengurusan berbagai hal dan Teknologi adalah jalan terbaik

"Inilah, ide dan terobosan yang sangat luar biasa yang dilakukan Bupati Rohil Afrizal Sintong," ungkapnya

Yandra meyakini dengan aplikasi yang di launching akan membawa perubahan sangat besar bagi Rohil baik dari segi pelayanan maupun pembangunan ,sambungnya

"Warga Rohil harus bersyukur memiliki pemimpin seperti Afrizal Sintong yang memiliki terobosan untuk memajukan daerah ," katanya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, launching aplikasi Si Koncang Pancasila sangat luar bisa

Dirinya berharap aplikasi harus benar- benar untuk digunakan karena sudah jadi kebutuhan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Dia juga menerangkan, pelayanan publik adalah  suatu keniscayaan perlu percepatan bagi seluruh lini pemerintahan. Bahkan 
Pemerintah Rohil telah menangkap isu-isu pelayanan mulai dari tingkat kepenghuluan, kecamatan sampai pada tingkat kabupaten.

Beberapa catatan penting urainya menjadi perhatian serius diantaranya, pertama keterlambatan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) karena jarak begitu jauh dari ibukota diharapkan aplikasi dapat membantu pengurus tepat waktu.

Kemudian mengenai data kependudukan yang masih belum akurat dikarenakan data ganda, seperti kematian, kelahiran maupun mutasi penduduk,kecocokan data kependudukan belum padan dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Kesemuanya itu tambah Bupati, masih menjadi catatan-catatan penting perlu penanganan secara sinergitas bagi lintas OPD.

"Oleh karena itu, dalam upaya perbaikan kinerja masa kepemimpinan kami, menempatkan pelayanan informatika dan teknologi menjadi salah satu misi Kabupaten Rohil yakni misi kelima yaitu menciptakan suatu tata kelola yang baik, efektif dan efisien berbasis teknologi, Implementasi dari misi launching penerapan smart digital si koncang Pancasila," papar Bupati. 

Bupati menambahkan, layanan ini akan menjawab permasalahan jarak dan kendali pelayanan sehingga tidak ada lagi alasan Datuk penghulu tidak di tempat oleh karena sudah satu aplikasi.

"Aplikasi ini diharapkan menjadi icon model atau pilot project bagi Kabupaten se Riau dan tidak tertutup kemungkinan Rohil jadi kabupaten pertama secara keseluruhan kepenghuluan atau desa menerapkan layanan aplikasi," terangnya.(Syofyan Rambah)

Berita Lainnya

Index