Dihadiri Ketua KPU Provinsi, KPU Dumai Gelar Kirab Pemilu

Dihadiri Ketua KPU Provinsi, KPU Dumai Gelar Kirab Pemilu

Dumai,populisnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menggelar Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang dipusatkan di lapangan Taman Bukit Gelanggang Jalan HR Subrantas Dumai, Ahad (21/5/2023).

Sebanyak 18 bendera Partai Politik (Parpol) tiba di Kota Dumai dari Kabupaten Labuhan Batu yang dibawa Ketua KPU Labuhan Batu Wahyudi diterima langsung oleh Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir.

Diketahui, acara kirab ini adalah program Nasional yang dilakukan dalam menyongsong 1 tahun menuju peringatan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

"Kirab ini kegiatan nasional dilaksanakan mulai 14 Februari 2023 sampai 14 Februari 2024, secara estapet bendera Parpol peserta Pemilu dibawa keliling dan akan berakhir di Jakarta. Di Riau ada 3 titik Kirab yakni Kota Dumai, Pekanbaru dan Kabupaten Kampar," kata Ilham Muhammad Yasir di Dumai.

Lanjutnya, melalui kegiatan ini kita ingin menyampaikan tahapan Pemilu 2024 telah di mulai, diawali dengan tahapan sosialisasi Pemilu 2024.

Dalam Kirab, jagat saksana atau petugas KPU Dumai dibantu PPS dan KPPS akan membawa 18 bendera Parpol keliling Kota selama tujuh hari dan menyampaikan pesan - pesan Pemilu.

Melalui Kirab, kita ingin menyampaikan pesan-pesan Pemilu secara masif diharapkan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mensukseskan Pemilu.

"Target Partisipasi pemilih secara nasional 77,5 persen, kita targetkan di atas itu. Sebab target partisipasi Riau 2019 mencapai 84 persen," pungkasnya.

Ketua KPU Dumai Darwis menambahkan, Kirab Pemilu di Kota Dumai melibatkan puluhan petugas KPU termasuk PPK dan PPS yang bergerak bersama-sama mensosialisasikan Pemilu 2024, tambahnya.

Di Dumai, Kirab dilaksanakan selama 7 hari Ahad (21/5/2023) sampai Sabtu (27/5/2023). Dimana nantinya petugas Kirab akan mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, pemilih pemula, mahasiswa dan turun ke pasar-pasar memberikan brosur Pemilu 2024.

Nantinya dari Dumai, bendera Kirab Pemilu 2024 akan dibawa ke Pekanbaru,  lalu menuju Kabupaten Kampar.(sul)

Berita Lainnya

Index