Lebih Dekat dengan Caleg Golkar Dapil Sail - Bukitraya

Nofri Andri: Politik Wadah Pengabdian Kepada Masyarakat

Nofri Andri: Politik Wadah Pengabdian Kepada Masyarakat
Nofri Andri Yulan

Pekanbaru,populisnews.com  - INGIN bisa berbuat lebih banyak lagi untuk kepentingan orang banyak, Nofri Andri Yulan memilih untuk terjun ke kancah politik praktis. Pada Pemilu 2024 mendatang, aktivis alumni Universitas Riau ini maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan Sail - Bukitraya lewat bendera Partai Golkar.

Meski tergolong muda, namun berbekal pengalaman berbagai organisasi yang digelutinya, Nofri optimis bisa bersaing mendapatkan suara terbanyak pada pemilu mendatang.

"Kita haqqul Yaqin saja. Jika Allah meridhoi usaha dan ikhtiar kita, maka semua bisa terjadi," ujar Nofri yang dihubungi media ini via selulernya, Rabu (12/7/2023).

Jika ditilik dari disiplin ilmu yang ia kuasai (perikanan dan kelautan), seperti tidak sinkron dengan harapannya menjadi seorang politisi.

Lantas apa yang menjadi alasan dirinya terjun ke panggung politik? Berikut penuturan mantan atlet karate yang pernah menyabet medali emas untuk kontingen Sumatera Barat pada tingkat Nasional ini!


Setiap akan dilaksanakannya Pemilihan Umum, banyak orang tiba-tiba muncul dan siap maju. Pandangan Anda terkait penomena politik yang ada di negeri ini bagaimana?
Biasa saja. Karena semua sudah diatur dalam undang-undang dasar negara kita. Semua warga negara punya hak yang sama dalam memilih dan dipilih.

Masih maraknya kasus korupsi di negeri ini telah memunculkan paradigma negatif terhadap politisi. Tanggapan Anda?
Politik tidak seluruhnya buruk. Kita perlu masuk di dalamnya agar dapat menciptakan perubahan. Ini kesempatan bagi kalangan muda untuk masuk ke kancah politik untuk melakukan perubahan.

Apakah ini yang menjadi alasan Anda tertarik terjun ke politik?
Ya, tekad saya adalah ingin berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan negeri ini. Karena, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (khoirunnas anfauhum linnas). Selain itu, sejak masih duduk di bangku sekolah saya memang sudah aktif berorganisasi. Di SMA saya pernah menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK), di kampus pun saya pernah diamanahkan menjadi Presiden Mahasiswa Unri. Bagi saya, ini menjadi batu loncatan untuk terus berkembang menjadi organisator handal dan profesional. Dan kini saya juga diamanahkan untuk menjadi staf ahli DPR.

Setelah tidak lagi di kampus, apakah Anda masih berkegiatan di organisasi?
Alhamdulillah, hingga saat ini saya masih aktif berorganisasi di KNPI Riau. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya menjajal ke tingkat yang lebih besar dan luas lagi, yakni maju sebagai calon anggota legislatif Pekanbaru dari partai Golkar.

Bagaimana dukungan keluarga Anda?
Alhamdulillah, semua keluarga sangat mendukung saya untuk bisa menjadi politisi handal yang amanah. Insya Allah saya tidak akan menyia-nyiakan restu yang telah mereka berikan kepada saya.

Siapa tokoh yang menjadi panutan Anda?
Ibu saya. Beliaulah yang mendidik saya bagaimana bisa menjadi orang seperti saat ini. Perjuangannya sangat luar biasa. Hanya berbekal tulang empat kerat, beliau berjuang membesarkan saya dan adik. Yah, beliau sendiri sejak ayah meninggal dunia ketika saya masih berusia 14 bulan. Dengan kehidupan yang serba kekurangan dan keterbatasan, beliau berjuang menyekolahkan kami. Alhamdulillah, dengan ridho Allah dan kesabarannya dalam mendidik kami, kami bisa sukses seperti sekarang.(sir)

Biodata singkat: 
Nama : Nofri Andri Yunan
TTL.    : Painan, 16 November 1988
Agama : Islam
Pendidikan : Sarjana Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (2014)
Pekerjaan : Staf Ahli DPR RI
Motivasi Diri : Dimana ada kemauan disitu ada jalan
Pengalaman Organisasi: 
- Sekretaris KNPI Riau
- Ketua BEM Unri
- Pengurus Partai Golkar Pekanbaru

Berita Lainnya

Index