Bupati Rohil Ajak Masyarakat Tingkatan Mengkonsumsi Ikan

Bupati Rohil Ajak Masyarakat Tingkatan Mengkonsumsi Ikan

Rohil,populisnews.com - Perlombaan memasak serba ikan yang ditaja Dinas Perikanan Kabupaten Rokan Hilir diikuti seluruh pengurus TP PKK, secara resmi dibuka Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP MSi, Selasa (22/8/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di jalan Aman, depan Kantor Dekranasda tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ibu Kejari Yuliarni Appy SH, MH didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Rohil Sanimar.

Bupati Rohil, Afrizal Sinting dalam sambutannya mengatakan, lomba memasak ini bertujuan bersama-sama memajukan kesejahteraan untuk peningkatan konsumsi ikan masyarakat.

"Mengkonsumsi Ikan ini telah diakui semua ahli gizi di seluruh dunia. Ikan memiliki manfaat besar bagi kesehatan dan meningkatkan kecerdasan oleh para. Kalau kita mau cerdas, konsumsilah ikan," ujar Afrizal.

Dia juga menyebutkan, membangun sesuatu yang besar harus dimulai dari yang kecil. "Begitu juga dalam meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, harus dimulai peningkatan konsumsi ikan bersama keluarga," ucapnya.

Menurutnya keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat sebagai penyedia sumberdaya manusia yang unggul dan kompetitif.  

Dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter, sejalan dengan pembangunan dan pembinaan fisik dan mental.

"Generasi penerus bangsa dapat diandalkan dimasa yang akan datang, bukan saja generasi cerdas dan sehat saja tapi diperlukan generasi yang memiliki mental dan perilaku atau akhlak yang baik. Nah, Gemarikan salah satu upaya meningkatkan pertumbuhan fisik dan membentuk suatu kecerdasan anak-anak," ucapnya.

Bupati juga menyebutkan, peningkatan konsumsi ikan di Rohil saat ini sangat signifikan. Melalui Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan), diharapkan tumbuh anak-anak yang cerdas.

"Kita harapkan Gemarikan  bisa menumbuhkan kesadaran baik individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman dan sehat dengan melibatkan seluruh elemen bangsa," harapnya.

Gemarikan adalah salah satu implementasi melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional.

Melalui kegiatan lomba menu berbahan dasar ikan, Bupati berharap mudah-mudahan dapat dijadikan wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perikanan yang telah menggelar lomba Memasak Serba ikan ini.

Lomba memasak serba ikan ini dijuarai oleh  TP PKK Tanah Putih Tanjung Melawan, Juara ll Rimba Melintang dan Juara lll Tanah Putih. Sedangkan juara harapan l Simpang Kanan, harapan ll Kubu Babusalam dan harapan lll  Bagan Sinembah Raya. (*)

Berita Lainnya

Index