Pengembangan Kasus Koni, Kejari Sungai Penuh Tetapkan Manager Hotel GH Menjadi Tersangka

Pengembangan Kasus Koni, Kejari Sungai Penuh Tetapkan Manager Hotel GH Menjadi Tersangka

Sungaipenuh, Populisnews.com - Kejaksaan Negeri Sungaipenuh kembali menetapkan 1 tersangka terkait pengembangan kasus KONI Kota Sungaipenuh tahun 2023.

Pantauan dilapangan, Selasa (23/04/2024) pada pukul 16.00 Wib Kejari Sungai Penuh, mengiring tersangka KS yang menggunakan rompi dan langsung masuk ke mobil tahanan yang terparkir didepan Kejari dan langsung dibawa ke Rutan Kelas II B Sungai Penuh.

Kepala Kejaksaan Negeri Sungaipenuh, Anton Despinola melalui keterangan resminya, menyebutkan pihak penyidik kejaksaan kembali menetapkan dan menahan satu tersangka dalam kasus korupsi Dana Hibah KONI Kota Sungaipenuh Tahun 2023 yakni inisial KS.

“Dimana KS ini merupakan dalam hal pembuatan spj fiktif dan Mark Up SPj akomudiasi atlet ketika Porprov Jambi bebrapa waktu lalu. Dimana, ia merupakan jendral manager hotel swasta di jambi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kejari juga menyampaikan bahwa dimana KS yang turut serta dengan pejabat KONI dalam pembuatan spj fiktif tersebut langsung ditetapkan sebagai tersangka dan langsung dilakukan penahanan selama 20 hari ke depan. 

“Dalam SPJ fiktif tersebut, sehingga menimbulkan kerugian negara 849 juta, dimana spj fiktif tersebut juga berkontribusi menambah kerugian negara menjadi 300 juta,” bebernya.

Dijelaskannya bahwa, dimana kerugian tersebut bersumber dari Akomodasi penginapan, jumlah harinya bertambah serta nilai harga sewa bertambah dan juga bentuk lain, sehingga melawan hukum. 

“Untuk Hotelnya yakni salah satu Hotel di Jambi yakni GH tempat penginapan atlet menginap pada Porprov tahun 2023 lalu,” tegasnya.

Tersangka disangka melanggar pasal dakwaan primair sesuai pasal 2 (1) subsidair Pasal 3 UU Tipikor, selanjutnya proses setelah penetapan tersangka maka jaksa langsung melakukan penahanan ketiga pengurus KONI itu ke rutan.

Dalam menangani kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Kota Sungaipenuh, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 48 orang saksi dan 4 orang ahli. Keempat ahli tersebut dari pengadaan barang dan jasa, ahli forensik, ahli keuangan negara dan pajak.

Dimana sebelumnya, pihak Kejari juga telah menahan Ketiga tersangka yakni Khairi yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum KONI Kota Sungaipenuh, Benni Zekmana menjabar sebagai Sekretaris dan Triko Marfendri selaku Bendahara dimana kasus itu bermula saat ketiga pengurus harian KONI itu pada tahun 2023 mendapat bantuan anggaran dari pemerintah kota Sungaipenuh.

Saat itu pengurus KONI Kota Sungaipenuh menerima anggaran dana hibah dari Pemerintah Kota Sungai Penuh Sebesar Rp 4 miliar yang seharusnya dikelola untuk kegiatan olahraga prestasi di kota tersebut namun diduga ketiga pengurus KONI itu tidak mempergunakan dana hibah sesuai perencanaan.

Setelah kasusnya ditangani kejaksaan dan hasil penyidikan diperoleh kerugian keuangan negara sebesar Rp779,6 juta dan terhadap tiga tersangka disangka melanggar pasal dakwaan primair sesuai pasal 2 (1) subsidair Pasal 3 UU Tipikor, selanjutnya proses setelah penetapan tersangka maka jaksa langsung melakukan penahanan ketiga pengurus KONI itu ke rutan setempat. (Yudi)

Berita Lainnya

Index